Teknik Frame By Frame

HARDAVID KENDAYOKI
SISTEM INFORMASI
BENGKULU, JUNI 2011

Assalamualaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya saya akan mencoba membahas bagaimana cara pembuatan animasi menggunakan Macromedia Flash 8 dengan teknik Frame By Frame. Intinya animasi akan terbentuk dari perubahan setiap gambar dalam setiap frame. Sebelum melanjutkan tutorial ini sebaiknya anda telah mempelajari dasar-dasar menggunakan Macromedia flash 8, karena dalam pembahasan ini saya tidak membahas hal-hal dasar tentang Macromedia flash 8 dan saya anggap anda telah mengetahui hal dasar tentang Macromedia flash 8.

Pada tutorial kali ini dibutuhkan 4 buah objek gambar. Gambar terserah anda yang terpenting masing-masing objek gambar mempunyai perbedaan antara satu dengan lainnya (Pada Tutorial ini perhatikan bahwa setiap objek gambar mempunyai perbedaan pada sayapnya). Dari setiap perbedaan masing-masing gambar inilah nantinya akan tercipta sebuah animasi.

t fbf 1

Oke, tidak usah berlama2, sekarang marilah kita mulai pembuatan animasi menggunakan teknik Frame By Frame
1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8 anda sehingga tampilan seperti berikut ini :

2. Klik File > Import > Import to Stage (Tujuannya untuk meng-import gambar yang dibutuhkan).

3. Pilih file gambar yang akan di import, dalam tutorial ini file yang saya butuhkan bernama Kumbang1 dengan format PNG, kemudian klik Open.

4. Perhatikan bahwa file gambar yang diimport telah masuk kedalam Stage/Kanvas Macromedia Flash 8.

5. Klik kanan pada objek gambar kemudian pilih Break Apart (Tujuannya untuk memecah gambar sehingga menjadi format bmp, agar bisa dipotong-potong sesuai keinginan). Karena Pada Tutorial ini saya membutuhkan 4 buah gambar pada kolom kedua, sedangkan gambar lainnya tidak akan saya butuhkan.

6. Klik/pilih Free Transform Tool, kemudian blok pada kelompok gambar yang tidak dibutuhkan, lalu tekan tombol Delete pada keyboard.

7. Perhatikan sekarang kelompok gambar pada kolom pertama telah terhapus.

8. Lakukan hal yang sama untuk menghapus gambar pada kelompok gambar di kolom ketiga dan keempat, sehingga yang tersisa hanya kelompok gambar pada kolom kedua, karena gambar inilah yang akan saya butuhkan dalam pembuatan animasi di tutorial ini.

9. Sekarang kita akan memotong kelompok gambar yang ada untuk dijadikan empat buah gambar, caranya klik Free Transform Tool, lalu blok pada gambar pertama

10. Klik kanan pada objek gambar kemudian pilih Convert to Symbol.

11. Ganti Name menjadi gambar1, Type Movie clip kemudian klik oke, atau boleh juga dijadikan Type Graphic.

12. Perhatikan sekarang gambar telah masuk kedalam Library, dengan Name : gambar1 dan Type : Movie clip. (Jika Library tidak muncul, cobalah klik Window kemudian klik Library lalu klik tanda panah kecil di sebelah kanan Stage/Kanvas).

13. Lakukan hal yang sama untuk objek gambar berikutnya, sehingga didalam Library terdapat 4 objek gambar masing masing dengan Name : gambar1, gambar2, gambar3, gambar4 dan masing-masing berType : Movie clip.

14. Blok gambar2, gambar3, gambar4 pada Stage/Kanvas kemudian tekan tombol Delete pada Keyboard, jangan khawatir gambar yang telah anda buat tidak akan hilang karena semuanya telah tersimpan dalam Library.

15. Perhatikan di Stage/Kanvas anda sekarang hanya tersisa gambar1. Selanjutnya drag gambar1 pada Stage/Kanvas lalu posisikan pada tengah Stage/Kanvas, lalu klik kanan pada Stage/Kanvas lalu pilih Rulers (Tujuannya untuk mengaktifkan garis bantu yan dibutuhkan dalam pengaturan penempatan setiap objek gambar).

16. Perhatikan bahwa sekarang fasilitas Rulers telah diaktifkan. Sekarang klik pada sisi atas Rulers kemudian drag sampai ke posisi objek gambar. Lakukan hal yang sama pada sisi kiri Rulers. (Jangan khawatir karena garis bantu ini nantinya tidak akan terlihat/muncul pada animasi).

17. Sampai batas ini Frame 1 telah terisi dengan gambar1, sekarang buatlah frame 2 dan isikan dengan gambar 2, caranya klik kanan pada frame 2 lalu pilih Insert Blank Key Frame.

18. Perhatikan, sekarang frame 2 telah berhasil di buat, dan gambar1 pada Stage/Kanvas menghilang (Sebenarnya gambar1 pada Stage tidak hilang, namun karena posisi sekarang pada frame 2 makanya gambar1 tidak terlihat).

19. Selanjutnya kita akan mengisi Stage/Kanvas pada frame 2 dengan gambar2. Caranya buka Library, kemudian drag gambar2 pada area Stage/Kanvas dan posisikan persis seperti gambar1 sebelumnya (Inilah fungsi Rulers yang telah di disinggung tadi).

20. Sekarang buatlah Frame 3 seperti langkah sebelumnya dan tempatkan gambar3 pada Stage di Frame 3, lanjutkan dengan Frame 4 sehingga akhirnya setiap masing-masing Stage pada Frame berisi, yaitu gambar1 ditempatkan pada Stage di Frame 1, gambar2 ditempatkan pada Stage di Frame 2, gambar3 ditempatkan pada Stage di Frame 3 dan gambar4 ditempatkan pada Stage di Frame 4.

21. Hingga disini sebenarnya animasi yang anda buat telah selesai, cobalah lihat hasil animasi yang anda buat dengan menekan tombol Ctrl + Enter pada Keyboard anda. Bagaimana sudah jadi kan???. Namun animasi yang anda buat saat ini tidak akan bisa dijalankan pada Komputer/PC yang tidak Mempunyai aplikasi program Macromedia Flash. Agar bisa dijalankan pada Komputer/PC yang tidak mempunyai aplikasi program Macromedia Flash maka file animasi anda harus berextensi/Format EXE, Caranya Klik File lalu pilih Publih Settings..

22. beri centangan pada kotak centangan Windows Projector (EXE), kemudian klik icon Folder disamping kanan.

23. Simpan animasi pada Drive dan Folder yang anda inginkan lalu beri nama File dan klik Save (Pada tutorial ini saya menyimpan di Drive D dengan Nama Folder KREASI_KU dan File nya saya beri nama Kumbang)

24. Setelah File tersimpan, klik tombol Publish lalu klik tombol OK.

25. Perhatikan sekarang File Kumbang.EXE telah selesai di buat, cobalah klik 2 kali untuk menjalankannya.

26. Sampai disini animasi dengan teknik Frame By Frame telah selesai di buat, cobalah berkreasi dengan animasi lainnya. Oya demi kemajuan bersama silahkan beri masukan, kritik dan sarannya, Oke… SELAMAT BERKREATIVITAS.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: